Essential Oil Untuk Bayi

Essential Oil Untuk Bayi

Essential Oil Untuk Bayi – Sifat dasar essential oil yang berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan yang hidup di alam bebas, membuat banyak orang secara ekstensif telah memanfaatkan essential oil selama ribuan tahun, baik untuk pengobatan tradisional atau pun terapi, karena telah terbukti lebih aman, handal dan pastinya memberikan pengalaman yang berbeda dengan pengobatan modern dalam proses penyembuhan baik secara fisik dan emosi. Meskipun setiap trend model pengobatan memiliki masanya, seperti trend fashion, namun essential oil masih tetap menjadi pilihan bagi kebanyakan orang yang lebih menyukai pengobatan, perawatan atau gaya hidup sehat secara natural. Sebagai contoh essential oil bisa digunakan untuk penyembuhan luka bakar, mengurangi rasa sakit di kulit akibat luka tertentu, membantu pernapasan, mengurangi stress, bahkan bisa menenangkan pikiran dengan menghirup aromanya secara rutin.

Karena sifatnya yang natural, essential oil mulai dipertimbangan untuk digunakan pada bayi. Pengaplikasian essential oil dengan metode dan dosis yang benar, bisa membantu bayi tidur lebih nyenyak dan teratur, membuatnya lebih tenang, menghindarkan dari bakteri-bakteri kotor dan mengatasi beberapa penyakit seperti demam, virus, batuk, rewel, diare, ngompol, susah buang air besar, dll. Namun perlu dicatat juga, penggunaan obat-obat tradisional, begitu juga dengan essential oil tidak harus selalu cocok bagi semua orang, terutama bayi. Kadang satu jenis essential oil cocok digunakan bagi orang tertentu, namun buat orang berbeda belum tentu memiliki efek yang sama atau cocok juga. Pastikan juga essential oil yang digunakan harus asli, otentik, dan tidak dipalsukan, untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Peringatan Penting

  1. Sebelum menggunakan essential oil untuk bayi, berikut beberapa catatan yang perlu anda perhatikan:
  2. Essential oil sebaiknya tidak digunakan pada bayi yang berumur kurang dari 3 bulan.
  3. Gunakan essential oil hanya untuk membantu bayi lebih tidur nyenyak, bersikap lebih tenang, dan membantu membuang bakteri, seperti bakteri yang bisa menyebabkan sakit perut pada bayi.
  4. Penggunaan essential oil, sebaiknya dicampur dengan base oil ( minyak asli ) atau krim, seperti minyak kacang, minyak almond, minyak kelapa, dll.
  5. Perhatikan jumlah takaran/dosis yang digunakan. Sebaiknya gunakan ratio 0,5 – 1 % terhadap campuran base oil yang digunakan.
  6. Penggunaan essential oil untuk bayi hanya sebatas untuk penggunaan luar tubuh saja. Tidak disarankan untuk diminum atau dicampur dengan minuman atau makanan.
  7. Konsultasikan ke dokter sebelum penggunaan agar lebih aman untuk menghindari iritasi atau efek lain yang tidak diinginkan.

Pre Test

Demi keamanan, sebaiknya sebelum digunakan pada bayi, lakukan tes percobaan untuk memastikan essential oil yang akan digunakan apakah aman dan cocok pada bayi anda.

  1. Coba oleskan campuran base oil yang telah dicampur dengan tetesan essential oil pada tangan atau kaki bayi, sedikit saja, dengan area tidak lebih besar dari uang logam.
  2. Tunggu reaksi selama 24 jam.
  3. Apabila ada reaksi, maka jangan dilanjutkan dan segera konsultasikan ke dokter apabila berbahaya. Reaksi yang timbul bisa rupa peradangan, iritasi kulit yang membuat kulit menjadi kemerahan, rasa sakit yang mungkin membuat bayi anda rewel.
  4. Apabila tidak ada reaksi, anda bisa melanjutkan penggunaan essential oil pada bayi anda, tapi tetap lakukan konsultasi ke dokter apabila dibutuhkan.

Jenis-Jenis Essential Oil

Berikut beberapa rekomendasi essential oil yang bisa anda gunakan untuk bayi anda:

  • Chamomile: Essential oil jenis memiliki efek yang secara natural dan tradisional untuk menjaga bayi dari penyakit susah tidur. Sehingga bisa membantu mengurangi kegelisahan dan depresi pada bayi. Bahkan bisa meningkatkan semangat untuk menjadi lebih aktif berbicara. Chamomile juga dapat membantu menghilangkan gejala sakit perut apabila dicampur dengan essential oil jenis lavender
  • Ekstrak Lemon: Essential oil jenis ini bisa meningkatkan energi dan mood bayi, terutama sebelum bangun dari tidur siang atau waktu tidur yang hanya sebentar.
  • Dill: Essential oil ini berasal dari ekstrak dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang bisa membantu bayi lebih tenang dan bisa menghilangkan masalah pencernaan pada bayi.
  • Eucalyptus: Essential oil jenis ini berasal dari pohon kayu putih yang bisa membantu melancarkan pernapasan bayi, terlebih bila keadaan cuaca sedang sangat dingin.
  • Lavender: Essential jenis ini memberikan efek tenang, apalagi ketika bayi sedang rewel, sehingga bisa membuatnya bisa tidur lebih nyenyak. Selain itu lavender bisa menghindarkan bayi dari gigitan serangga, seperti nyamuk dan juga menurunkan rasa sakit akibat gigitannya.
  • Mandarin Citrus: Essential oil ini memiliki memiliki efek sama seperti lavender untuk menenangkan bayi, sehingga bisa mendapatkan waktu terbaik untuk tidur. Selain itu bisa menetralisasikan bayi apabila teriritasi dengan essential oil jenis lavender.
  • Tea Tree: Essential oil ini berasal dari ekstrak daun teh yang bisa meminimalisir kebiasaan bayi yang sering ngompol.
  • Frankincense: Essential oil ini mengambil ekstrak bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kemenyan. Biasanya essential oil ini membantu menenangkan bayi agar bisa beristirahan dengan baik.
  • Cedarwood: Essential oil yang berasal dari pohon cedar ini membantu bayi lebih nayaman dan tenang dalam tidurnya, sama seperti jenis frannkincense.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *