Kecantikan Dalam Essential Oil

Kecantikan Dalam Essential Oil

Kecantikan Dalam Essential Oil – Bagi wanita, apapun yang bisa membuat lebih cantik dan terawat pasti akan diserbu. Apalagi yang sifatnya natural. Alam selalu membawa warisan manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit dengan tingkat resiko yang lebih kecil. Begitu juga dengan essential oil yang sudah terbukti, banyak orang memanfaatkannya untuk kebutuhan perawatan kulit dan wajah, sehingga bisa lebih cantik dan mempesona.

Pada umumnya masalah kulit dan wajah, menjadi sebuah perhatian khusus bagi kebanyakan wanita, terutama pada masalah-masalah seperti kulit kering, jerawat, flek hitam, penuaan dini, komedo, dan lain sebagainya. Untuk itu minyak essential sudah mulai banyak dimanfaatkan untuk masalah-masalah tersebut. Namun sebelum menggunakan essential oil untuk kesehatan kulit dan wajah, ada beberapa catatan penggunaannya yang perlu diperhatikan, berikut diantaranya:

  1. Level Konsentrasi Tinggi

Essential oil sebenarnya bukan minyak, karena di dalamnya tidak mengandung lemak. Hanya tampilannya saja yang menyerupai minyak. Essential yang murni biasanya sangat mahal, karena benar-benar hanya berasal dari ekstrak tumbuhan seperti bunga, biji, batang, buah, akar, atau bagian tumbuhan lainnya. Bagaimana tidak mahal, sebagai contoh untuk menghasilkan sekitar 500 gram minyak essential jenis lavender, membutuhkan sekitar 7000-10.000 pon bunga lavender.

  • Gunakan Dengan Dosis Tepat

Jangan berlebih menggunakan essential oil, perhatikan dosisnya. Essential oil biasanya digunakan dengan base oil atau carrier oil sebagai minyak pelarutnya. Penggunaan essential oil dengan persentasi dillution atau campuran yang salah hanya akan menimbulkan alergi. Terutama essential oil jenis lime, orange, lemon, atau jenis citrus lainnya.

  • Kondisi Hamil

Tidak semua wanita atau kondisi apapun bisa menggunakan essential oil. Contohnya ibu hamil, penggunaan essential oil bisa menimbulkan resiko seperti memicu kontraksi, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan pendarahan pada rahim sampai pada resiko keguguran. Memang ada beberapa jenis essential oil berkhasiat khusus untuk seorang ibu, sebagai contoh jenis peppermint yang dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI. Tapi sebaiknya ibu hamil menghindari penggunaan essential oil yang berasal dari ekstrak kayu manis, rosemary, rose, berry, nutmeg, jasmine, rose, rempah-rempah,jinten, serai, dll. Sebaiknya apabila ingin tetap menggunakanya hanya pada kebutuhan kulit luar saja, bukan konsumsi.

  • Tempat Peletakan

Penyimpanan essential oil sebaiknya jauh dari sumber panas dan tentu saja jauh dari jangkauan anak dan bayi. Gunakan botol kaca berwarna gelap untuk menjaga kualitas dan menghindari proses oksidasi. Jangan pernah menyimpan essential oil dalam wadah plastik, karena minyak essential oil bisa melarutkan plastik apalagi dengan essential oil jenis citrus. Perhatikan juga suhu udara agar bisa tetap stabil.

Anda bisa membuat sendiri minyak essential oil, meskipun harus melalui proses yang panjang. Lebih praktis adalah membeli. Di pasaran banyak tersedia essential dari berbagai macam ekstrak tumbuhan seperti biji, buah, batang, daun, akar, atau bagian tumbuhan lainnya. Berikut beberapa manfaat essential oil yang beredar di pasar untuk kecantikan kulit dan wajah beserta jenis-jenis yang sering digunakan untuk masing-masing manfaat atau kebutuhan tersebut.

  1. Membersihkan kulit.

Membersihkan kulit menjadi sebuah keharusan baik sebelum atau setelah menggunakan make-up. Baik pagi setelah bangun tidur atau malam sebelum tidur. Essential oil bisa menjadi alternatif untuk membantu anda membersihkan kulit agar tampak lebih segar dengan warna kulit yang relatif rata.

Untuk kebutuhan tersebut anda bisa gunakan minyak essential jenis frankincense atau essential oil yang berasal dari bahan-bahan kemenyan. Pastikan anda menggunakan base lotion atau carrier lotion sebagai pelarutnya yang sudah diberi 1-2 tetes essential oil, seperti krim pembersih. Aplikasikasikan campuran tersebut dengan menggunakan kapas lembut. Lakukan seperti metode pembersihan seperti biasa.

Alternatif minyak essential oil jenis daun teh, ekstrak bunga, kacang almond juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk kebutuhan pembersihan ini.

  • Mempertahankan Kelembapan Kulit.

Menjaga kulit agar tetap lembab, akan membantu elastisitas kekenyalan kulit anda. Namun jangan juga memiliki kulit yang over lembab, akan bisa menimbulkan jerawat. Kulit yang senantiasa lembab bisa menghindari proses penuaan dini. Pengaplikasiannya juga sebaiknya tetap gunakan carrier lotion seperti krim moisturizer. 1-2 tetes essential oil cukup membantu memaksimalkan daya kerja krim pelembab tersebut. Untuk kebutuhan ini anda bisa menggunakan pilihan minyak essential seperti olive oil ( minyak zaitun ), avocado oil ( minyak alpukat ), rice bran oil ( minyak biji padi ) atau lainnya yang mengandung banyak vitamin A dan E sehingga membantu produksi minyak, kekenyalan kulit dan tentunya memperlambat efek penuaan dini.

  • Mengurangi, Mengecilkan dan Menghilangkan Jerawat.

Kulit lembab bagus, tapi kalau berlebih akan menimbulkan lemak berupa komedo dan jerawat. Pastinya hal tersebut, akan merusak penampilan anda. Anda bisa bisa oleskan langsung minyak essential dari ekstrak biji anggur atau daun teh untuk mengatasi masalah jerawat ini.

  • Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam timbul biasanya karena kulit kering atau kurangnya kelembapan kulit. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa gunakan perawatan seperti point 2, anda bisa berikan 1-2 tetes essential oil pada krim moisturizer anda. Anda bisa pilih olive oil ( minyak zaitun ), avocado oil ( minyak alpukat ), rice bran oil atau jenis lainnya yang bisa menghasilkan kolagen, vitamin A, atau E.

  • Mengecilkan Sampai Menghilangkan Cacat Bekas Luka

Essential oil seperti frankincense ( kemenyan ), lavender, myrrh ( dupa ), sandalwood ( kayu cendana ) juga bisa diguanakan untuk mengecilkan sampai menghilangkan cacat bekas luka dengan dioleskan pada spot cacat luka tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *