Manfaat Essential Untuk Pernapasan

Manfaat Essential Untuk Pernapasan

Manfaat Essential Untuk Pernapasan – Bernapas itu memang gratis, tidak memerlukan biaya dan juga tidak memerlukan usaha. Selagi anda masih hidup, anda bisa menghirup udara dimana saja dan kapan saja sepuasnya. Walaupun tidak ada bisa menjamin, bahwa udara yang anda hirup adalah udara yang layak dihirup atau sudah tercemar, terlebih jika anda bergulat dengan kepenatan dan polusi kota-kota besar. Namun bagaimana bagi orang-orang yang mungkin mengidap penyakit kesulitan bernapas seperti asma, yang kadang sering mengalami sesak napas karena alergi sesuatu. Bernapas menjadi tantangan bagi mereka. Tak jarang kesulitan bernapas juga timbul karena kondisi lingkungan sekitar, seperti debu, polusi, kondisi emosi yang tidak stabil, kemarahan, atau kekebalan tubuh yang sedang tidak baik.

Essential oil merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mensterilkan saluran bernapas anda. Anda bisa menggunakan essential oil dengan mengolesinya pada bagian tubuh, seperti dada, punggung belakang, dan leher, mencampur beberapa tetes essential oil dengan segelas air untuk diminum, memasukkannya essential oil kedalam alat diffuser atau humidifier yang memang didesain untuk bisa digunakan dengan essential oil, karena kebanyakan humidifier didesain untuk digunakan dengan air yang berfungsi lebih mengatur kelembaban udara ruangan dibanding untuk memberikan kesegaran.

Kadang dalam situasi darurat anda membutuhkan tindakan cepat untuk membantu dan melegakan pernapasan. Banyak cara memang yang bisa dilakukan, seperti menggunakan alat inhaler. Essential oil juga bisa bertindak seperti inhaler buatan yang bisa diaplikasikan dimana saja anda berada. Metode yang digunakan juga relatif sederhana, begitu juga dengan alatnya. Anda hanya membutuhkan dua telapak tangan anda dan beberapa tetes minyak essential. Berikut step by step menggunakan enssential oil untuk bantuan pernapasan seperti alat inhaler.

  1. Tuangkan satu tetes essential oil pada salah satu telapak tangan anda.
  2. Letakkan satu tangan anda yang lain diatas tepat telapak tangan yang berisi tetesan essential oil tersebut, dengan mengepalkan dan menyisakan ruangan udara, seperti bentuk pipa.
  3. Dekatkan mulut anda pada posisi tangan yang kedua, kemudian bernapaslah dalam-dalam sampai anda merasakan kelegaan untuk bernapas.

Gampang bukan langkah membuat pernapasan buatan dengan menggunakan essential oil. Anda bisa menggunakan essential dengan aroma-aroma alam seperti referensi berikut: pohon cemara, seperti jenis pohon cemara siberian; kayu putih; lemon; peppermint; spearmint; rosemary; arboviate; kapulaga; bahan-bahan kemenyan; bunga melati; teh; campuran rempah-rempah, seperti campuran untuk penyakit pernapasan ( campuran daun salam, kayu putih, peppermint, teh, lemom, kapulaga, dan ravensara ); campuran untuk penyakit pencernaan ( jahe, peppermint, jintan, ketumbar, minyak adas, buah adas, dan tarragon ), dan lain-lain. Aroma-aroma tersebut bisa membuat anda lebih segar merasakan kebebasan bernapas merasakan kedamaian dan kesejukan alam, seperti aroma di dalam hutan, yang dikelilingi bermacam-macam jenis tumbuhan yang hidup di alam bebas.

Menjaga imunisasi tubuh, dalam hal ini pernapasan menjadi lebih baik dibanding harus bertindak ketika bernapas menjadi sebuah perjuangan, berikut beberapa tips metode yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjaga sistem pernapasan menjadi lebih baik, seperti sedia payung sebelum hujan:

  1. Campurkan 2-3 tetes essential oil jenis lemon atau peppermint ke dalam segelas air hangat atau teh untuk diminum setiap pagi.
  2. Sediakan satu mangkok yang berisi air yang masih beruap dicampur dengan 1 tetes essential oil untuk anda hirup dan sebaiknya dilakukan setiap hari.
  3. Oleskan essential oil yang berbahan campuran untuk kemenyan atau essential oil aroma jeruk limau pada dada, punggung, telapak kaki dan leher menjelang tidur.
  4. Beri 6 tetes essential oil pada diffuser menjelang malam tiba. Untuk kondisi ruangan sehari-hari, anda bisa memasukkan 5-9 tetes essential oil yang memang diformulasikan untuk kebutuhan pernapasan dalam sebuah diffuser.
  5. Tuangkan 1-2 tetes essential oil yang memang diformulasikan untuk kebutuhan pernapasan pada telapak tangan, kemudian ratakan dan gunakan untuk memijat tangan, setelah itu bentuk telapak tangan anda seolah seperti mangkuk dan hirup aromanya.
  6. Olesi essential oil jenis lemon sekitar tulang hidung.
  7. Aplikasi essential oil dengan bahan campuran untuk sakit perncernaan, sekitar sinus dan belakang telinga.

Karena essential oil memiliki multiple fungsi, tidak ada salahnya anda selalu membawanya kemana saja, terutama ketika anda melakukan perjalanan jauh, seperti pulang kampung, liburan keluar kota atau keluar negeri. Setidaknya sebagai salah satu isi dari kotak P3K anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *