12 Tips Memilih Headset Bluetooth Paling Lengkap

12 Tips Memilih Headset Bluetooth Paling Lengkap

Headset atau earphone tanpa kabel atau orang sering menyebutnya sebagai headset bluetooth, saat ini sudah menjadi pilihan favorit bagi para pengguna handphone, terutama smartphone. Baik untuk menerima panggilan saat dalam kondisi sedang menjalankan aktivitas lain, seperti sedang menyetir, berjalan, berolahraga, dance, kegiatan di dalam kantor atau memang dibeli khusus untuk mendengarkan musik atau video tanpa gangguan. Headset bluetooth pasti lebih praktis dan aman dengan tekonologi wireless-nya, sehingga pengguna tidak perlu pusing dengan kabel yang belibet atau khawatir kabelnya putus. Headset bluetooth memang kecil dan terkesan sepele, tapi tidak dengan fungsinya. Karena itu sebelum membeli headset bluetooth, ada beberapa pertimbangan dan tips yang perlu anda perhatikan, berikut diantaranya:  

1.Budget & Harga

Biasakan untuk membeli sesuatu, sesuaikan harga dengan budget anggaran. Jangan memaksakan diri, meskipun kita tahu ada ungkapan ada rupa ada harga. Tidak selamanya barang dengan harga relatif lebih murah, memiliki kualitas di bawah standar. Asal anda lebih sabar, cermat dan teliti membandingkan fitur dan spesifikasi jenis headset bluetooth dari berbagai merk. Kecuali memang anda memiliki budget berlebih, hak anda untuk membeli headset bluetooth dengan jaminan kualitas terbaik, tanpa perlu repot melakukan proses perbandingan.

2.Fitur & Spesikasi

Setelah budget anggaran anda jelas, carilah informasi fitur dan spesifikasi Headset bluetooth dari beberapa merk dan versi tipe headset bluetooth yang masuk dalam anggaran anda. Seperti apakah headset bluetooth tersebut sudah ada fasilitas noise cancelling, sensitivity, sound isolation, drivers hingga sweat resistant. Manfaatkan teknologi internet, untuk mengumpulkan referensi secukupnya. Jangan terlalu banyak juga, karena bisa membuat anda pusing membandingkannya, akhirnya galau dan tidak jadi membeli.

3.Kompatibilitas

Sebelum membeli headset bluetooth, pastikan bahwa versi headset bluetooth yang akan dibeli, memang kompatibel atau dapat digunakan cocok dengan smartphone atau gadget yang anda miliki. Anda bisa cek di label informasi fitur dan spesifikasinya. Jangan sampai anda sudah mengeluarkan uang, ternyata headset bluetooth yang dibeli, tidak dapat digunakan.

4.Bentuk Dan Tipe Headset Bluetooth

Produsen headset bluetooth semakin inovatif dalam mengembangkan produknya, termasuk bentuk dan tipenya. Saat ini tersedia berbagai jenis headset bluetooth yang dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan. Contoh apabila anda, menggunakan headset bluetooth lebih banyak untuk menambah have fun dalam berolahraga, pilihlah jenis bluetooth sport, sejenis headset bluetooth yang bisa menggantung di leher, jadi anda tidak perlu khawatir terjatuh saat sedang semangatnya berolahraga.

5.Kenyamanan

Pastikan headset yang akan dibeli nyaman di lubang telinga. Jadi meskipun anda membeli headset bluetooth yang tidak terlalu mahal, namun anda harus memprioritaskan kenyamanan telinga saat menggunakannya.

6.Kualitas Suara

Setelah pas di telinga, dengarkan suaranya, apakah suaranya ok? Pastikan anda membeli headset bluetooth yang memiliki kualitas suara yang jelas, bersih, dan jernih. Apalagi kalau anda banyak menggunakannya selama menyetir mobil, dimana konsentrasi extra diperlukan, maka kualitas headset bluetooth yang menghasilkan suara bagus menjadi prioritas. tapi kalau anda membeli headset bluetooth untuk mendengarkan musik, belilah headset bluetooth yang memiliki fitur bass yang mumpuni.

Apabila anda membeli secara online, dimana anda tidak bisa mencoba langsung kualitas suaranya, lihat komen review konsumen pada lapak penjual dan usahakan membeli pada penjual resmi yang menyediakan garansi.

7.Kualitas Microphone

Orang-orang yang banyak menggunakan headset bluetooth untuk kebutuhan komunikasi, pastikan membeli headset bluetooth dengan memprioritaskan kualitas dari microphonenya. Sehingga bisa menghantarkan suara anda secara jelas, bersih dan jernih bagi lawan bicara. Sebelum membeli, pastikan bahwa anda mendapat garansi kerusakan dari penjual. Setidaknya lihat juga komen review konsumen pada lapak penjual, apabila anda membelinya secara online.

8.Kualitas Koneksi

Pilihlah headset bluetooth yang memiliki kualitas koneksi mumpuni. Jangan sampai, sudah terlanjut dibeli, ternyata kualitas koneksinya buruk, seperti  kualitas suara yang terdengar putus-putus, tiba-tiba musik berhenti ketika sedang asyik mendengarkan, dll.

9.Material

Material sebuah headset bluetooth akan berpengaruh pada kualitas output suaranya. Meskipun di pasaran, headset bluetooth yang banyak beredar adalah jenis silikon. Sebaiknya pilih material berbahan busa atau foam, karena material jenis ini lebih baik dalam meredam suara dibanding material jenis silikon. Selain lebih nyaman di telinga, material jenis foam lebih mudah beradaptasi, sehingga memberikan kenyamanan optimal.

10.Daya Tahan Baterai

Headset bluetooth membutuhkan daya baterai ketika digunakan. Kalau anda sangat tergantung, dengan penggunaan headset bluetooth, pastikan anda membeli headset bluetooth yang memiliki daya baterai yang cukup besar, sehingga anda tidak perlu terlalu sering men-charge. Karena itu teliti spesifikasi sebelum membeli.

11.Daya Tahan Air

Pilihlah headset yang memiliki fitur tahan air. Apalagi kalau anda gemar menggunakannya saat berolahraga. Pilihlah yang menyediakan fitur sweat resistant, karena headset bluetooth yang terlalu sering terkena air akan mudah rusak.

12.Garansi

Sebaiknya membeli headset bluetooth di toko-toko resmi yang menyediakan garansi resmi distributor selama waktu tertentu, sehingga anda tidak perlu khawatir kerusakan selama masa garansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *