Cara Memilih Jam Tangan Smart & Fashion

Cara Memilih Jam Tangan Smart & Fashion

Dalam urusan asesoris, wanita lebih banyak pilihan yang bisa dikenakan, selain jam tangan.  Sedangkan bagi kebanyakan pria, jam tangan merupakan satu asesoris yang wajib digunakan. Sebuah model jam tangan yang digunakan oleh seseorang, mampu mengidentifikasi cerminan karakter pemakainya. Karena itu pemilihan  model jam tangan, sebaiknya menjadi perhatian yang tidak kalah penting dari hanya sekedar memakai, terutama bagi kaum laki-laki. Apalagi jam tangan juga bisa menunjukkan status sosial seseorang. Karena itu gunakan jam tangan yang bisa menunjukkan kelas profesional anda.

Khusus di pasar arloji, dari yang tidak berkelas sampai kelas premium atau dari yang imitasi sampai yang original, anda bisa memilih bebas berbagai jenis jam tangan dari berbagai merk. Setiap merk pun menyediakan berbagai macam model. Tinggal anda memilih sesuai selera, apakah anda lebih suka desain kasual, klasik, sporty, fungsional, sampai elegan dengan harga yang bervarian, mulai dari harga murah sampai super mahal, sebut saja seperti Casio G-Shock, Suunto, Garmin, Seiko Kinetic, Alba, Alexandre Christie, Seiko 5, Daniel Wellington, Casio Edifice, Tag Heuer, dll

Selain model, tersedia juga berbagai warna dan ukuran. Begitu juga dengan fitur dan teknologi yang ditawarkan. Dengan banyaknya beragam pilihan, kadang membuat bingung memilih jam tangan yang tepat. Tapi setidaknya pilihlah jam tangan yang sesuai dengan kepribadian, karakter dan sesuai digunakan pada kesempatan yang anda hadiri. Daripada galau, berikut beberapa tips untuk anda, yang ingin membeli dan menambah koleksi jam tangan anda:

  1. Harga

Bagi sebagian orang harga bukan menjadi masalah, apalagi bagi anda yang memang suka mengkoleksi jam tangan mahal hanya untuk menambah cita rasa prestise sosial dalam lingkungan pergaulan. Merk dan harga mahal, menjadi suatu tolak ukur gengsi dalam sebuah pergaulan bagi kalangan level masyarakat tertentu.

Namun bagi anda, yang tidak memiliki pendapatan yang terlalu banyak. Tetapkan dulu budget yang akan digunakan sebelum membeli jam tangan, daripada mengorbankan kebutuhan lainnya. Setelah itu carilah informasi harga yang sekiranya sesuai dengan budget dari beberapa merk jam tangan yang sudah anda incar dan juga spesifikasinya baik melalui internet, majalah, koran, atau datang langsung ke toko jam tangan.

Tapi biasanya karakter orang yang membeli jam tangan, mereka akan naksir dulu barangnya, kemudian menyiapkan dana tabungan untuk membeli.

2.Sesuaikan Fungsi & Lifestyle

Sebaiknya membeli jam tangan disesuaikan dengan fungsi aktivitas yang dilakukan. Apalagi bagi pria. Umumnya mereka selalu aktif dalam berbagai aktivitas, baik aktivitas di dalam atau pun di luar kantor, seperti meeting, bertemu klien, olahraga untuk menjaga kebugaran, dll. Jangan sampai aktivitas formal, anda menggunakan jam tangan kasual, atau aktivitas olahraga menggunakan jam tangan model elegan, ga nyambung dong! Sebelas duabelas-lah seperti perempuan saat mix & match pakaian yang digunakan. Begitu juga saat memilih jam tangan yang digunakan. Artinya menggunakan jam tangan, secara tidak langsung bisa memunculkan sisi fashion yang ada  dari para kaum adam ini agar bisa sesuai dengan gaya hidup yang dijalani.

3.Ukur Pergelangan Tangan

Pilihlah jam tangan agar seimbang dan pas dengan besar pergelangan tangan, agar tidak longgar atau terlalu kecil. Sebelum membeli, tidak ada salahnya anda mengukur ukuran pergelangan tangan dengan menggunakan pita atau benang dan kemudian ukur panjangnya dengan penggaris panjang. Berikut beberapa panduan yang bisa anda jadikan guidance untuk menentukan panjang jam tangan.

Panjang Pergelangan Tangan Rekomendasi Panjang Jam Tangan
14-18 cm 38 mm, 40 mm, dan 42 mm.
19-20 cm 44 mm dan 46 mm.
20 cm 48 mm dan 50 mm.

4.Lebar Tali Jam Tangan

Salah satu fungsi mengetahui lebar pergelangan tangan adalah untuk menentukan lebar tali jam tangan itu sendiri. Apabila ukuran pergelangan tangan anda kecil, sebaiknya gunakan tali jam yang memiliki lebar yang tidak terlalu besar agar selaras dan enak dipandang. Begitu juga kalau anda memiliki pergelangan tangan yang besar, anda bisa memilih lebar tali yang agak  besar dan tebal.

5.Material Tali Jam Tangan

Jenis tali selain bisa mempengaruhi kenyamanan pemakaiannya, juga akan mempengaruhi kesan yang ingin ditampilkan. Ada banyak jenis tali jam, seperti kulit, rubber, rantai titanium dan stainless. Contoh ketika anda menggunakan tali jam rubber, maka kesan sporty dan kasual yang akan tersampaikan. Sedangan kulit atau rantai titanium bisa menimbulkan kesan klasik, elegan dan resmi.

6.Diameter Jam Tangan

Ukuran diameter jam tangan sebaiknya disesuaikan juga dengan ukuran pergelangan tangan. Jangan menggunakan jam tangan dengan ukuran diameter yang besar kalau memiliki  ukuran pergelangan tangan yang kecil atau tipis, agar tidak terkesan keberatan atau kebanting. Begitu juga sebaliknya.

Jika anda memiliki pergelangan tangan antara 14-18 cm, sebaiknya pilih ukuran diameter 38 mm, 40 mm atau 42 mm. Sedangkan untuk ukuran pergelangan tangan di atas 18 cm, pilihlah diameter casing jam yang lebih besar, seperti yang berukuran 44-46 mm.

7.Material Jam Tangan

Material sebuah jam akan membangun kesan build quality, dan tentunya ini akan berpengaruh pada kesan seseorang berdasarkan taste kelas sosial dan keprofesionalannya. Karena itu pastikan anda membeli jam tangan berbahan 100% logam atau meral padat dan berat. Ini juga menunjukkan keaslian sebuah merk jam. Jika jam tangan yang anda beli ringan, ada kemungkinan jam tersebut dibuat dengan besi campuran. Tentu saja kualitasnya berbeda dengan jam yang original.

8.Fitur Jam Tangan

Kadang orang membeli jam, tidak hanya digunakan sebagai penunjuk waktu. Namun jenis jam tertentu memiliki fitur dan teknologi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Sebagai contoh anda menyukai sport, ada baiknya anda memilih jam dengan fitur tahan air, tahan cuaca, fleksibel, kuat, tersedia fitur odometers, GPS, kontrol detak jantung, dan altimeter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *