Cara Memilih Travel Charger

Cara Memilih Travel Charger

Travel Charger tidak hanya dicari oleh para pecinta traveling. Bagi anda yang aktivitas sehari-harinya selalu dituntut dengan tingkat mobilitas yang tinggi dan meminta untuk selalu online dengan smartphone selama sehari penuh, kebutuhan akan travel charger, menjadi sangat penting untuk mengantisipasi kehabisan daya baterai smartphone anda. Apalagi smartphone yang memiliki fitur teknologi yang tinggi, jelas akan menyedot daya baterai yang lebih besar dibanding smartphone dengan teknologi medium. Meskipun produsen smartphone sekarang ini, semakin inovatif  dalam memproduksi produk smartphone yang dilengkapi dengan fitur ketahanan baterai yang cukup lama, tetap saja charger menjadi kebutuhan penyambung daya hidup smartphone anda.

Travel charger merupakan charger yang digunakan saat melakukan perjalanan, terutama saat perjalan ke luar negeri. Spesifikasi dan bentuknya agar sedikit berbeda dengan charger biasa yang digunakan di dalam negeri. Kebutuhan travel charger ada, dikarenakan bentuk steker, arus input & output, frekuensi, serta tegangan yang digunakan saat pengisian baterai di setiap negara memiliki standar yang berbeda. Selain itu, power bank juga bisa diklasifikasikan sebagai travel charger. Karena power bank memang digunakan daya baterai yang bisa digunakan kapan saja saat membutuhkan ketika dalam perjalanan.

Travel charger, sebaiknya selalu anda bawa, meskipun daya baterei yang tersimpan dalam smartphone anda terlihat masih full. Apalagi anda sedang melakukan perjalanan ke luar negeri. Setidaknya bawalah power bank. Ibarat sedia payung sebelum hujan. Siapa tahu di tengah jalan, pemakaian smartphone anda meningkat dan menghabiskan daya baterai yang tersimpan, jadi anda tidak perlu pusing memikirkan smartphone yang mati.

Travel charger menjadi bagian yang vital bagi anda yang hobby jalan-jalan, terutama yang saat ke luar negeri. Apapun bentuk dan jenisnya, saya akan mengulas beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan saat ingin membeli travel charger.

1.Harga

Apapun yang anda beli, siapkan dulu budgetnya sesuai dengan isi kantong anda. Setelah itu, baru anda browsing mencari informasi fitur dan spesifikasi travel charger yang sesuai dengan budget anda. Sabar, teliti dan cermat adalah kunci untuk mendapatkan travel charger berkualitas bagus dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Untuk travel charger seperti power bank, biasanya akan relatif lebih mahal bila kapasitas penyimpanan daya baterai cadangannya semakin besar.

2.Label Informasi

Sebelum membeli travel charger, cek dulu informasi tertulis yang tercetak pada travel charger. Seperti berapa arus, fekuensi dan tegangan yang dibutuhkan saat pengisian, berapa kapasitasnya, dll. Sehingga anda bisa memperkiran berapa batas bawah dan atas  untuk arus, tegangan, dan frekuensi yang dibutuhkan saat pengisian daya. Dari label informasi ini juga, anda bisa mengecek apakah travel charger kompatibel dengan smartphone yang anda miliki.

Untuk power bank, sebagai travel charger penyimpan daya cadangan. Pastikan berapa kapasitas maksimal untuk menyimpan daya baterai dan berapa standar arus input dan output serta tegangan yang dibutuhkan saat pengisian.

3.Desain Bentuk

Usahakan karena tujuannya untuk perjalanan dan mobilitas, cari bentuk yang kecil dan sederhana. Tidak perlu unik, kalau hanya merepotkan saat membawanya. Produsen charger zaman sekarang, juga semakin inovatif  dan sensitif menciptakan berbagai macam travel charger yang mengikuti selera dan kebutuhan pasar.

4.Mudah Dibawa

Setelah bentuk travel charger tidak masalah, pastikan kalau travel charger tersebut mudah dibawa kemana-kemana. Bahkan kalau bisa, cari yang mudah diletakkan dalam saku pakaian. Atau minimal bisa dimasukkan ke dalam tas kecil.

5.Kapasitas

Power bank juga bisa dijadikan sebagai salah satu jenis travel charger juga. Meskipun sebenarnya berbeda. Khusus untuk kebutuhan perjalanan seperti liburan panjang, sebaiknya cari travel charger yang memiliki kapasitas penyimpanan daya baterai yang cukup besar, agar bisa bertahan lama selama perjalanan.

6.Kompabilitas

Pastikan spesifikasi travel charger yang anda beli, kompatibel dengan smartphone yang anda miliki. Anda bisa cek pada brosur keterangan atau label informasi yang tertulis pada travel charger. Cermat dan teliti-lah sebelum membeli! Daripada mubazir, sudah dibeli tapi tidak dapat digunakan.

7.Tahan Air

Carilah travel charger yang memiliki fitur water resistant. Sehingga bisa menjaga atau meminimalisir kerusakan langsung, apabila kondisi air masuk. Bisa saja secara tidak langsung, anda menumpahkan air di atasnya, atau tidak sengaja terjebur. Dengan fitur water resistant, dapat membantu menghindari kerusakan berat akibat kejadian tersebut.

8.Fitur

Sebenarnya travel charger, fungsinya hanya untuk mengisi daya baterai smartphone saja. Tapi tidak ada salahnya, anda mencari travel charger yang menawarkan kelebihan fitur lain. Seperti fitur travel charger sekaligus power bank. Gali setiap fitur pada setiap travel charger yang akan dibeli untuk mengetahui kelebihan-kelebihan fitur lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *