Jenis-Jenis Lampu Tidur LED

Jenis-Jenis Lampu Tidur LED

Tidur malam adalah waktu terbaik untuk beristirahat dan memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh serta meningkatkan kesehatan. Karena itu memilih lampu tidur yang sesuai dengan kebutuhan, menjadi pertimbangan saat membeli. Efisiensi kebutuhan daya listrik, salah satu hal yang paling banyak menjadi bahan pertimbangan ketika membeli. Sehingga tipe lampu menjadi penentu berapa kebutuhan listrik saat digunakan, apalagi penyedotan listrik paling besar saat malam hari saat anda terlelap tidur. Berikut beberapa jenis lampu tidur berdasarkan tipe:

Tipe Lampu Jumlah lumens/watt
Tungsten 12.5 – 17.5 lm/watt
Halogen 16 – 24 lm/watt
Fluorescent 45 – 75 lm/watt
Metal Halida 75 – 100 lm/watt
LED 80 – 100 lm/watt

Noted:

* Lumen adalah satuan yang mendeskripsikan terang gelapnya cahaya.

* Watt adalah satuan tenaga listrik yang diperlukan arus dari satu ampere dan tegangan satu volt.

Dari tabel di atas, anda bisa melihat kenapa lampu tidur LED menjadi pilihan bagi kebanyak orang. Lampu tidur LED memiliki nilai intensitas cahaya terbesar dalam setiap watt-nya. Gambaran tabel di atas juga menjelaskan efisiensi yang dihasilkan dari sebuah lampu LED lebih besar dibanding dengan jenis lampu lainnya. Sehingga lampu tidur LED lebih lebih hemat dibanding dengan jenis tipe lainnya.

Selain dari tipe lampu, pertimbangan keselarasan dengan desain interior menjadi bahan pertimbangan yang tidak kalah pentingnya dengan urusan efisiensi kebutuhan daya listrik. Karena itu sebelum membeli lampu tidur, anda sebaiknya memperhatikan ukuran ruangan dan tempat datangnya cahaya. Karena itu tidak ada salahnya anda mengukur ruangan, sehingga bisa meletakkan furnitur dengan tepat pada titik-titik yang akan menjadi pusat cahaya. Lampu tidur juga tidak harus terlalu tinggi, namun pertimbangan skala ruangan akan menambah nilai estetika ruang itu sendiri. Jangan lupa perhatikan jenis warna lampu yang akan dipilih. Sebaiknya pilih cahaya yang redup dan agak menguning.

Bentuk lampu yang dijual di pasaran juga sangat banyak modelnya, seiring dengan semakin meningkatnya inovasi dan kreativitas pada pengrajin dan produsen lampu. Sehingga memberikan keleluasaan anda memilih agar sesuai dengan interior ruangan anda Berdasarkan keselarasan dengan dengan desain interior, berikut jenis lampu tidur yang bisa anda pilih:

Lampu Meja

Jenis lampu meja biasanya tidak berukuran besar, karena memang khusus diletakkan diatas meja. Model lampu meja tersedia dengan berbagai bentuk yang trendy, unik dan cantik dari bentuk klasik sampai modern. Sumber tenaga dari lampu meja ini biasanya menggunakan baterai, usb, atau stop kontak/saklar.

Yang populer dan paling banyak biasanya yang menggunakan lampion sebagai penutup atasnya. Tapi bentuk mini dengan berbagai macam model, seperti yang menyerupai bentuk binatang, kendaraan, manusia, atau objek lainnya semakin laris manis di pasaran. Apalagi dilengkapi dengan fitur pewangi dan pemutar musik, sangat cocok untuk kamar anak.

Lampu Lantai

Standing night lamp banyak dipilih oleh orang-orang yang menginginkan cita rasa elegan, mewah, dan fashionable. Pertimbangan estetika ruangan, menjadikan lampu ini menjadi pilihan bagi sebagian orang. Meskipun penggunaan lampu ini agak tidak praktis, karena untuk menghidupkan dan menyalakannya anda harus berjalan mendekati lampu tersebut. Apalagi biasanya lampu ini lebih cocok diletakkan di sudut-sudut ruangan yang jaraknya relatif agak jauh dari tempat tidur anda. Memang agak tidak praktis. Tapi kesan elegannya, membuat ruangan anda menjadi lebih cantik.

Lampu Saklar

Penggunaan lampu tidur saklar sangat mudah, hanya tinggal memasangnya pada steker yang tersedia. Selain sangat mudah menggunakannya, lampu ini bentuknya relatif kecil dan sederhana, serta tersedia dalam berbagai variasi. Ada yang sudah dilengkapi dengan tombol on/off untuk menghidupkan dan mematikan lampu tidur tersebut. Namun, ada juga yang secara otomatis hidup, ketika terhubung dengan steker. Fitur lainnya ada yang sudah dilengkapi dengan sensor cahaya untuk menyesuaikan intensitas cahaya ruangan, apabila cahaya ruangan tinggi, maka lampu tidur tersebut akan menyesuaikan keredupannya.

Lampu Tempel

Lampu tempel digunakan di dinding. Biasanya anda harus melubangi dinding tempat lampu tidur tersebut diletakkan. Namun, saat ini sudah tersedia lampu tempel dengan tape perekat (push pins), sehingga lebih praktis menggunakannya. Anda juga bisa memilih lampu tempel tanpa kabel, anda hanya tinggal mengisi dayanya saja.

Sebelum menggunakan lampu tempel, sebaiknya pertimbangan dulu tempat pemasangan lampu tempel, karena penempatan lampu tempel ini biasanya diletakkan pada dinding yang tinggi, sehingga kadang agak lebih sulit merawat dan membersihkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *