Tips Memilih Speaker Bluetooth Mini Portable

Tips Memilih Speaker Bluetooth Mini Portable

Musik berkembang dari zaman ke zaman dan memiliki trendnya masing-masing. Apalagi di masa sekarang, umumnya semua orang menyukai musik, tapi tidak semua orang menyukai musik dengan jenis yang sama. Biasanya itu tergantung selera masing-masing orang, namun setiap orang yang mendengarkan musik semuanya memiliki harapan yang sama, yaitu mendapatkan pengalaman yang memuaskan ketika mendengarkan sebuah musik.

Di era digital, dimana semua orang menuntut kepraktisan, maka speaker bluetooth yang mini dan portable menjadi solusi untuk memenuhi pengalaman tersebut, agar bisa mendengarkan musik yang bisa menghibur dan  memberi kepuasan ber-enjoy ria dalam mendengarkan musik. Karena itu, sebelum anda membeli speaker bluetooth, ada beberapa pertimbangan yang perlu anda perhatikan. Berikut di antaranya:

1. Harga

Kualitas memang sangat penting, tapi apabila tidak terjangkau dengan kocek atau tidak sesuai dengan budget, sebaiknya jangan dipaksakan. Pertama, sebelum membeli speaker bluetooth, tentukan dulu budget anda, setelah itu anda bisa searching di toko-toko online yang bertebaran di Internet. Carilah referensi speaker bluetooth sebanyak-banyak pada range harga yang sama sesuai dengan budget yang anda miliki. Kemudian bandingkan masing-masing fitur yang dimilikinya. Barulah setelah itu anda bisa putuskan untuk membeli. Terserah anda mau membeli di toko online atau offline.

Harga mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian orang. Bahkan mereka mungkin cenderung memprioritaskan kualitas. Itu juga tidak salah. Namun, tidak ada salahnya untuk membeli sesuatu, sebaiknya sesuaikan dengan budget dan kemampuan anda. Kecuali anda tidak memikirkan harga, itu hal lain. Tapi perlu dicatat, tidak semua speaker bluetooth  berharga murah memiliki kualitas yang buruk.

2. Kompatibilitas

Pastikan bahwa versi speaker bluetooth yang anda beli sesuai atau bisa digunakan dengan gadget/smartphone yang anda miliki. Karena kalau tidak kompatibel, percuma anda mengeluarkan uang. Karena itu, lakukan pengecekan kompatibilitas dulu, sebelum membeli speaker bluetooth.

Anda mungkin membeli di toko online, dimana ada keterbatasan untuk pengecekan kompatibilitasnya. Anda tidak perlu khawatir, selama anda teliti membaca fitur dan spesifikasinya, itu akan sangat membantu untuk memperkirakan apakah speaker bluetooth tersebut cocok dengan gadget/smartphone yang anda gunakan. Meskipun tidak seleluasa seperti anda membeli di toko-toko offline atau datang ke tokonya langsung sehingga bisa melakukan pengecekan langsung.

3. Kualitas Audio

Speaker bluetooth yang akan anda beli, pastikan menghasilkan suara yang bersih dan jernih. Tidak ada salahnya, apabila anda membeli di tokonya langsung, cobalah suaranya dengan volume yang tinggi, untuk memastikan kualitas maksimal speaker bluetooth tersebut.

Intensitas suara bass dan treble dari sebuah speaker bluetooth dengan kualitas bagus juga akan menentukan hasil suara yang kuat dan keras.

4. Fitur & Spesifikasi

Pelajari fitu-fitur yang ada pada sebuah speaker bluetooth yang akan dibeli, seperti apakah ada fasilitas handsfree call, TF card, aux-in, USB drive, dll.

Begitu juga dengan spesifikasi yang tertera, seperti berapa jauh speaker bluetooth tersebut bisa bekerja dengan baik  dari jarak gadget/smartphone yang digunakan, ukuran speaker-nya, output power-nya, frekuensi, sinyal rasio kebisingannya, distorsi, baterei, berapa lama waktu digunakan untuk men-charge, berapa lama siap digunakan, dll.

Cek juga kelengkapan yang ada dalam kotak speaker bluetooth, seperti ketersediaan kabel USB atau lainnya yang disediakan oleh produsen speaker bluetooth tersebut.

5. Konektivitas

Pilihlan speaker bluetooth yang memiliki koneksi lengkap. Biasanya gadget atau smartphone menggunakan kabel standar 3.5mm auxiliary atau secara nirkabel untuk dihubungan dengan speaker bluetooth. Ada juga speaker yang memiliki dukungan koneksi NFC.

6. Daya Tahan

Perhatikan bahan materaial yang digunakan pada speaker bluetooth yang akan anda beli, apakah bahannya kuat dan tangguh ? Tingkat kedap air juga wajib diperhatikan, fungsinya agar bisa menahan air masuk ke dalam mesin. Siapa tahu, tidak sengaja anda menumpahkan air di atas speaker bluetooth tersebut atau mungkin speaker bluetooth tersebut terendam ke dalam air. Sebaiknya cari material speaker bluetooth dengan rating IPX5 & IPX7.

Daya tahan ini juga berkaitan dengan berapa lama speaker bluetooth bisa digunakan setelah di-charge. Kapasitas baterei dan waktu pen-charge-an juga menentukan seberapa lama sebuah speaker bluetooth bisa digunakan.

7. Desain

Carilah desain yang mini dan portable sehingga mudah diletakkan dan dibawa kemana-mana. Apalagi anda suka traveling. Jadi lumayan bisa dibawa-bawa, sebagai salah satu perlengkapan yang bisa menghibur anda mendengarkan musik, selain di rumah.

Pilihlah warna, model, dan motif yang bisa membuat anda tergila-gila dan nyaman untuk memiliki speaker bluetooth tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *